Minggu, 20 Desember 2009

Madu Sumber Energi Instant

Cepat lelah? Atau ingin punya vitalitas yang Prima? Atau ANDA seorang olahragawan yang ingin meningkatkan prestasi? Anda pasti membutuhkan yang satu ini “MADU”

Madu adalah sumber karbonhidrat yang unik yang mudah diserap tubuh dan mempunyai nilai kalori yang tinggi. Satu sendok madu setara dengan 17 gram karbonhidrat dan 64 kalori.

Bagaimana cara madu menyediakan energi? Madu mengandung glukosa dan fluktosa. Glukosa dalam madu dapat dengan cepat diserap tubuh dan langsung menghasilkan energi instant, selanjutnya fruktosa dalam madu akan terserap ke tubuh secara perlahan-lahan dan menjadi sumber ketersedian energi. Jadi madu sangat ideal bagi para atlet dalam meningkatkan prestasinya. meminum madu sebelum olah raga akan menambah energi dan juga memjaga ketersediaan energi sehingga saat berolah raga tidak mudah lelah.

Hasil riset madu dalam meningkatkan performa atlet.

  1. Laboratorium Nutrisi di Univesitas Memphis , Tennesse, menyatakan bahwa atlet yang mengkonsumsi madu dapat meningkatkan performa, ketahanan dan pemulihan.
  2. Uji Coba pada Atlet Balap Sepeda: uji coba ini dilakukan kepada 9 pembalap sepeda professional. Hasilnya para pembalap yang mengkonsumsi madu dapat menyelesaikan lomba dengan waktu 3 menit lebih cepat dan terjadi peningkatan energi rata-rata 6%.
  3. Uji Coba pada Atlet Angkat Besi: hasilnya tes terhadap hormone kortisol (yaitu hormone yang dihasilkan saat otot bekerja) menurun. Kesimpulannya madu merupakan sumber energi yang baik jika dibandingkan dengan asupan makan energi lainnya.

Dan jika dibandingkan dengan sumber gula lainnya, madu tidak meningkatkan kadar gula darah dalam darah.

diolah berbagai sumber: www.maduapiari.com

0 komentar: